Menu Nasi Kuning

Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti mengenal menu nasi kuning. Hidangan yang dibuat dari beras dengan warna kuning dari air kunyit tersebut menawarkan citarasa gurih. Tak seperti nasi putih, menu nasi kuning punya rasa gurih yang berasal dari santan kelapa. Nasi kuning lazimnya dihidangkan bersama beragam lauk asli nusantara.

Lauk pauk yang biasa menemani menu nasi kuning seperti : ayam goreng, rajangan tipis telur dadar, perkedel kentang, serta tak ketinggalan irisan mentimun dan sambal. Bagi yang belum tahu, nasi kuning dibuat dari beras yang ditambahkan beberapa bumbu seperti kunir untuk pewarna alami kuning, daun serai, daun pandan, daun salam, garam serta santan.

Nasi kuning lazim dihidangkan dalam bentuk tumpeng ketika diadakan syukuran lahirnya bayi, pesta ulang tahun, pertunangan dan juga pernikahan. Nasinya yang berwarna kuning melambangkan gunungan emas sebagai simbol kekayaan, kesejahteraan, dan akhlak mulia. Di wilayah Bali, nasi kuning dihidangkan ketika berlangsung upacara kuningan. Di sana warna kuning adalah warna yang dikeramatkan penduduk.

Selain disajikan dalam bentuk tumpeng, nasi kuning pun ditawarkan dalam kemasan kotak atau box kardus atau steroform. Hampir sama dengan nasi kotak kebanyakan, paket ini juga berisi nasi yaitu nasi kuning dan dilengkapi dengan berbagai lauk pelengkap yaitu : rajangan telur dadar, ayam goreng atau ayam  panggang, orak arik tempe, mi goreng, sambal goreng ati, serta tak ketinggalan kerupuk udang.

menu nasi kuning

Harga Menu Nasi Kuning

Harga nasi kuning kotak biasanya ditentukan macam lauk yang diberikan. Misalnya ada catering yang menjual paket standar nasi kuning kotak seharga Rp 18.000 per box atau paket lengkap seharga Rp.25.000 per box. Kedua paket nasi kuning kotak itu dibedakan dari lauk yang digunakan dimana untuk standar menggunkan lauk ayam goreng, sementara paket lengkap memberikan lauk daging. Konsumen pun bisa menentukan sendiri wadah nasi kuning bisa kardus atau besek.

Kebanyakan katering pun menerima pesanan menu nasi kuning dalam bentuk tumpeng. Nasi tumpeng yaitu penyajian nasi kuning dengan tampilan mengerucut ke atas. Di sekelilingnya ditata berbagai lauk yang mengintarinya. Nasi tumpeng umumnya disajikan dalam acara tasyakuran seperti ulang tahun, kelulusan, pernikahan maupun prosesi adat masyarakat. Ukuran nasi tumpeng untuk upacara itu biasanya dibuat gunungan besar dengan macam-macam lauk yang lebih lengkap. Harga nasi tumpeng pun bervariasi, misalnya nasi kuning tumpeng dengan 5 macam lauk untuk 15 orang biayanya ekitar Rp.400 ribuan. Sedangkan untuk yang lebih besar untuk sekitar 25 orang seharga Rp.750 ribuan.

Filosofi Menu Nasi Kuning

Nasi kuning seperti telah disebutkan sebelumnya memiliki simbol serta makna yang mendalam. Di masyarakat Indonesia, bermunculan beragam versi mengenai arti dan falsafah dari nasi kuning. Masyarakat memiliki pandangan sendiri-sendiri dalam memberi makna dari nasi kuning. Namun secara umum makna nasi kuning yang berkembang di masyarakat adalah sebagai berikut :

  • Nasi berwarna kuning simbol kemakmuran. Dalam masyarakat Jawa, kuning disimbolkan sebagai warna emas. Warna emas menyimbolkan kemakmuran dan kekayaan. Sehingga dikehendaki agar dengan menyajikan menu nasi kuning, orang yang melakukannya akan mendapatkan kekayaan, kemakmuran, serta kesejahteraan yang cukup.
  • Bentuk tumpeng yang mengerucut menyimbolkan gunung. Tentunya sudah sangat jamak tumpeng nasi kuning dibuat dengan bentuk kerucut. Tumpeng berwujud kerucut itu menyimbolkan gunung. Karena pulau Jawa sendiri banyak dijumpai gunung berapi yang masih aktif. Karena dari dahulu masyarakat Jawa menganggap gunung memiliki kekuatan dan kemuliaan. Oleh karena itu dengan adanya tumpeng nasi kuning dimaksudkan akan memberikan kemuliaan kepada orang atau masyarakat yang membuatnya.
  • Tumpeng pun menyimbolkan komunikasi. Jadi nasi kuning berbentuk tumpeng biasanya dihidangkan dalam perayaan pernikahan. Dengan tampilannya yang berupa tumpeng kerucut bisa dimaknai sebagai kelancaran berkomunikasi. Tidak cuma hubungan dengan pasangan namun juga kepada Sang Pencipta. Dimaksudkan di masa yang akan datang hubungan tersebut akan berlangsung secara baik dimana segala keinginan pun terwujud.
  • Lauk pelengkap nasi kuning. Menu nasi kuning lengkap dengan bermacam lauknya. Jenis-jenis lauk yang digunakan juga memiliki arti penting. Misalnya lauk telur utuh rebus yang sudah dikupas yang menyimbolkan utamanya etos kerja serta pentingnya rencana yang matang dari tiap langkah yang akan dikerjakan. Aneka bahan sayuran untuk urap juga menyimbolkan beberapa aspek penting, misalnya kacang panjang menyimbolkan pandangan visioner, toge menyimbolkan tahap bertumbuh. Lalu ada cabe merah dengan dimodel kelopak bunga ternyata tak cuma untuk garnish saja, namun menyimbolkan cahaya yang akan menerangi banyak orang. Iikan teri pun melambangkan kebersamaan dan kerukunan.

Namun apapun filisofi yang terkandung di dalamnya, tak ada yang menolak kelezatan nasi kuning sebagai menu makanan saat lapar. Nasi kuning dalam kemasan kotak pun cukup mewah disajikan dalam berbagai acara atau perhelatan penting. Satu lagi, harga menu nasi kuning cukup terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.