Minuman Penghilang Ngantuk

Kopi menjadi menu minuman keseharian, terutama untuk yang ingin beraktifitas dalam waktu lama. Kopi merupakan pilihan populer minuman penghilang ngantuk. Kopi mengandung kafein sebagai senyawa stimulan untuk meningkatkan stamina tubuh. Hanya saja kopi memiliki efek buruk dalam meningkatkan asam lambung, GERD, sampai warna gigi yang menguning.

Minuman penghilang ngantuk tentu bukan hanya kopi. Ada beberapa minuman lain yang juga memiliki efek seperti kopi, mampu menghilangkan ngantuk bagi peminumnya. Cek apa saja alternatif minuman penghilang ngantuk selain kopi berikut ini.

Beberapa Minuman Penghilang Ngantuk

minuman penghilang ngantuk

Soft Drink

Pilihan minuman ini memiliki kandungan kafein antara 20 – 40 mg. Akan tetapi, Anda perlu waspada karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula.

Minuman Cokelat

Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Kadar tadi meski lebih rendah dibanding dalam kopi namun sudah dapat membuat peminumnya menjadi fresh dan bersemangat lagi.

Teh Pekat

Ternyata teh pun bisa sebagai pilihan lain minuman penghilang ngantuk karena juga mengandung kafein. Untuk satu cangkir teh, terkandung 40 – 120 mg kafein. Kadar yang setara dan malah lebih dari kopi dengan takaran satu cangkir. Harus dimengerti bagi para penyuka teh agar menghindari konsumsi gula terlalu banyak ketika menyeduhnya. Gunakan madu untuk menambah rasa manis.

Teh Hijau

Termasuk juga pilihan minuman yang bisa dikonsumsi supaya tak ngantuk adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan 30 – 50 mg kafein untuk takaran secangkir. Di samping khasiat kafein yang menjadikan peminumnya makin bersemangat, teh hijau pun bisa mendongkrak suasana hati bahagia dan nyaman.

Energy Drink

Inilah minuman penghilang ngantuk yang cukup populer di masyarakat. Dalam 1 botolnya saja terkandung kafein antara 50 – 160 mg. Konsentrasi kafein yang lumayan tinggi itu yang membuatnya kerap diandalkan mereka yang ingin bekerja lembur. Selalu diingat agar tak meminumnya kelewat sering sebab dapat berakibat negatif untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Milk Tea

Minuman yang merupakan campuran dari teh dengan susu ini pun dapat diandalkan untuk pengusir rasa kantuk yang mendera. Teh yang digunakan mengandung kafein yang akan menjadikan tubuh segar dan bersemangat.

Susu Cokelat

Minuman yang disukai anak-anak ini pun termasuk pula minuman penghilang ngantuk. Kendati memiliki kandungan kafein yang cukup rendah, namun dengan meminumnya tetap bisa membuat tubuh segar dan berenergi.

Lemon Honey Tea

Varian minuman yang satu ini bisa menghalau ngantuk lantaran konsentrasi kafein dari teh yang digunakan. Peminum akan merasakan kesegaran lebih, berkat lemon dengan citarasa masam yang menggugah semangat.

Minuman Asam

Minuman dengan citarasa asam, misalnya minuman yang ditambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon akan membantu mengusir ngantuk yang sedang dirasakan. Hanya saja para penderita asam lambung disarankan berhati-hati dengan memperhatikan waktu mengkonsumsinya.

Kombucha

Jenis minuman ini pun dapat sebagai pilihan minuman penghilang ngantuk. Kombucha bisa membantu menjadikan segar tubuh dan juga menghalau kantuk lantaran konsentrasi kafein dan juga L-theanin.

Tetap dipahami agar tak mengonsumsi minuman penghilang ngantuk dengan takaran berlebihan. Kafein bisa mengakibatkan berbagai efek buruk semisal jantung berdebar, tubuh gemetar, gangguan tidur, sakit kepala dan bahkan migrain.

Disarankan mengkonsumsi kafein jangan melebihi 400 mg per hari atau sebanding 2 – 4 cangkir. Kecuali itu, pola hidup sehat pun harus diterapkan, misalnya mengasup makanan bergizi dan konsumsi air putih cukup demi menetralisir efek kafein pada tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.